Rabu, 24 Juli 2013

UML ( Unified Modeling Language ) dan USDP ( Unfied Software Development Process )

   USDP (Unfied Software Development Process) yang dibahas kali ini, merupakan salah satu pengembangan sistem / perangkat lunak yang menggunakan tool UML(Unified Modeling Language) sebagai kakas tools utamanya. Ibarat maju berperang mengunakan senapan, kita mengembangkan sistem menggunakan USDP sebagai metodenya dan menggunakan UML sebagai senjatanya.

1. SDLC (System Development Live Cycle)
     Perangkat Lunak (Software Engineering) dapat berarti menyusun system perangkat lunak yang benar - benar baru atau menyempurnakan system yang ada sebelumnya.
Secara Umum, suatu system perangkat lunak perlu dikembangkan dengan alasan - alasan sebagai berikut ;
  1. Adanya permasalahan yang dijumpai pada sistem / perangkat lunak yang lama. Permasalahan pada sistem yang lama bisa berarti pencatatan data yang tidak akurat, informasi yang sering terlambat, ketidak koefisienan operasi, serta ketidakamanan data yang penting yang mengakibatkan permasalahan akses.
  2. Pertumbuhan Organisasi. Saat perusahaan masih kecil masih mungkin segalanya dapat dilakukan secara manual dengan sedikit pengelola. Namun, saat perusahaan berkembang menjadi besar, tidak mungkin untuk melakukan segalanya secara manual. Saat inilah diperlukan otomatisasi pemrosesan data sehingga proses - proses dalam organisasi bisa berjalan dengan akurat dan cepat.
  3. Untuk Meraih Kesempatan -Kesempatan. Dalam persaingan pasar, kecepatan serta ketepatan informasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi serta rencana - rencana yang telah disusun untuk meraih kesempatan - kesempatan yang ada. Bila perusahaan pesaing berhasil mendapatkan kesempatan itu, mungkin kita akan tertinggal sehingga mungkin akan menjadi terlambat untuk memanfaatkan kesempatan itu.
  4. Menyesuaikan diri dengan visi,misi,strategi organisasi yang baru. Setiap organisasi memiliki visi,misi, serta strategi yang berubah sepanjang pejalanan waktu. Perubahan ini biasanya terjadi akibat perubahan lingkungan yang mempengaruhi kerja serta kinerja organisasi. Teknologi informasi sering digunakan untuk mengantisipasi perubahan lingkungan dalam kerangka visi,misi,strategi yang diterapkan untuk mengatasi perubahan lingkungan tersebut.
Kerangka kerja pengembangan system informasi (SDLC), yaitu ;
1. Perencanaan / Planing ,yaitu menyangkut studi tentang kebutuhan pengguna,studi kelayakan baik secara teknis maupun teknologi, serta penjadwalan pengembangan suatu proyek informasi.Pada tahap ini pula,sesuai kakas yang kita gunakan yaitu UML.Kita bisa menggunakan use case diagram untuk menangkap kebutuhan dan harapan pengguna.
2. Analisis / Analysis ,Yaitu dimana kita mengenali segenap permasalahan pada pengguna dengan mendekomposisi dan merealisasikan use case diagram  lebih lanjut.
3. Perancangan / design , Dimana kita mencoba mencari solusi permasalahan yang didapat dari proses analisis.Pada tahap ini dibagi menjadi 2 (dua) yaitu ; 1) Tahap perancangan yang lebih menekankan pada platfrom apa hasil dari tahap analisiskelak akan diimplementasikan, 2) Tahap dimana kita melakukan tahap penghalusan kelas - kelas yang terdapat pada tahap analisis serta jika perlu menambahkan dan memodifikasi kelas - kelas yang akan lebih mengefisienkan serta mengefektifkan perangkat lunak yang akan dikembangkan.
4. Implementasi , Dimana kitamengimplementasikan perancangan sistem ke situasi nyata.
5. Pengujian / Testing , Yang dapat digunakan untuk menentukan apakah sistem yang kita buat sudah sesuai atau belum.
6. Pemeliharaan , Dimana kita mulai melakukan pengoperasian sistem dan, jika diperlukan melakukan perbaikan - perbaikan kecil.

2. Apa Itu UML (Unified Modeling Languge)
        UML merupakan  ' bahasa ' pemodelan untuk sistem atau perangkat lunak yang berparadigma 'berorientasi objek'. Pemodelan sesungguhnya dugunakan untuk penyederhanaan permasalahn - permasalahan yang kompleks sedemikuan rupa sehingga lebih mudah dipelajari dan dipahami.

 
UML (Unified Modeling Language)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar