Selasa, 23 Juli 2013

Mengoptimalkan Kinerja PC dengan Sedikit Tweak Pada RAM

        " Tweak merupakan sebuah fasilitas yang tersedia pada sistem operasi yang dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi " . Dalam menjalankan tweak pasti ada langkah - langkah yang harus kita ketahui, agar tidak terjadi kesalahan dalam pengaturannya. Sebab jika salah dalam pengaturannya, maka akan menimbulkan kinerja sistem yang tidak stabil.

Mengapa harus tweak RAM ?
Oke, Jika kita menjalankan aplikasi yang besar atau beberapa aplikasi besar RAM bisa diambil atau digunakan sangat cepat. Bahkan ketika kita menutup program - program tersebut, kadang beberapa persen dari RAM masih digunakan atau dimakan oleh program - program yang sudah ditutup tadi ( RAM Dump ).

Kita akan merasakan efek RAM Dump ini pada akhir hari. Dimana ketika kita menyalakan PC di pagi hari, PC akan berjalan secara lancar. Namun pada akhir hari PC akan terasa lamban. Dalam hal ini mungkin saja kita bisa menggunakan software untuk memecahkan masalah ini, tapi tentunya jika kita terhubung dengan jaringan internet.

Next, untuk memecahkan masalah ini kita bisa menggunakan Tweak RAM yang telah disediakan oleh sistem operasi yang ada, secara ini free ( tidak memerlukan koneksi ataupun lisensi ). Dalam pengimplementasian kali ini saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 untuk melakukan Tweak RAM. Nah, berikut ini trik sederhana dan gratis yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja PC kita ;


  1. Buka windows explorer (WINDOWS + E)
  2. Klik kanan pada My Computer > pilih Properties. 
  3. Pilih Advance system setting.
  4. Pilih tab Advance > pilih Performance > Setting.
  5. Pilih tab Advance >pilih Virtual Memory > Change.
  6. Hilangkan  tanda ⱱ pada Automatically manage paging file size for file drives > kemudian pilih Custom size.
Nah, sebelum menentukan nilai virtual, silahkan tentukan dahulu drive mana yang akan kita tweak, ( pilih drive C ) karena itu merupakan system. Untuk menentukan nilai untuk initial size kita kalikan 2 dengan memori RAM, sedangkan untuk maximum size kita kalikan 4 dengan memori RAM.
Virtual memory

 Kemudian klik Set > OK > OK.
Selesai.........
Studiocapung.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar