Kamis, 12 Desember 2013

Konfigurasi EIGRP Cisco Packet Tracer

Sudah lama gak buat posting terbaru, tapi untuk kali ini kita akan membahas bagaimana mengkonfigurasikan  modul EIGRP yang terdapat pada cisco.

Langkah yang harus dilakukan yang sangat awal, ialah membuat skema jaringan seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar 1

Langkah selanjutnya, kita akan megkonfigurasi tahap awal pada router dan diikuti konfigurasi menuju PC client. Oke, kita mesuk ke mode konfigurasi.

Tahapan konfigurasi EIGRP :

# Router0
Status port cisco
Konfigurasi keamanan dan serial 0/0/0
Konfigurasi EIGRP pada router0
    
Langkah selanjutnya, kita mengkonfigurasi router1 agar bisa terhubung sesama router dengan menggunakan network yang sama.

# Router1
Konfigurasi keamanan dan serial 0/0/0
 
Konfigurasi EIGRP pada router1
Dibawah ini kita akan melihat gambar konfigurasi router yang sudah terhubung. Kita bisa saja mencoba mengirim pesan dari router ke router.

Tampilan router yang terkoneksi
Langkah berikutnya, kita melakukan konfigurasi masing - masing router, namun pada tahap ini kita akan mengkonfigurasi pada port ether yang terhubung dengan pc.

# Router0 ( Ether 0/1 )
Konfigurasi eth0/1
Konfigurasi EIGRP
Perhatian ! dikarenakan kita mengkonfigurasi EIGRP di ether. Maka perhatikan network mana saja yang akan dilewati, karena pada praktek ini kita terdapat 3 bagian network dan memiliki ip network yang berbeda. Maka network yang digunakan adalah network yang digunakan pada ip yang berbeda. Begitu juga dengan konfigurasi pada ether router1.

# Router1 ( eth0/1 )

Konfigurasi eth0/1
Konfigurasi EIGRP

Setelah semua di konfigurasi, maka akan nampak seperti gambar dibawah. Dimana setiap device saling terhubung. Namun, kita belum dapat melakukan ping, karena ip belum diberikan kepada masing - masing PC.

#PC 0
Pemberian IP PC0
#PC 1
Pemberian IP PC1
Konfigurasi akhir
Gambar diatas merupakan konfigurasi tahap akhir, dimana kita dapat melakukan ping dari PC0 menuju PC1, begitu juga sebaliknya.

Oke, sampai sini pembelajaran konfigurasi modul EIGRP selesai. Jika rekan / pembaca merasa bingung silahkan tinggalkan pesan pada blog ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar