Minggu, 23 Juni 2013

Cara Membuat Aplikasi

         Membuat aplikasi hampir sama dengan membangun sebuah rumah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah membuat sketsa, kemudian memprediksi bahan baku dan seterusnya. Sedangkan dalam membuat aplikasi terdapat langkah - langkah sebagai berikut ;

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Sistem
         Melakukan analisis kebutuhan sistem merupakan langkah awal dalam membuat suatu aplikasi, adapun hal - hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini, antara lain ;
          a. Melakukan analisis tentang apa saja yang diperlukan dalam sistem.
          b. Melakukan analisis terhadap kebutuhan hardware.
          c. Melakukan analisis terhadap kebutuhan software.
          d. Melakukan analisis terhadap durasi pembuatan aplikasi.
          e. Melakukan analisis terhadap kebutuhan biaya.

2. Membuat DFD (Data Flow Diagram)
        " Mengapa harus membuat DFD  ?" Karena DFD merupakan blue print yang akan digunakan sebagai panduan dalam membangun sebuah aplikasi.

3. Membuat Normalisasi File (Desain Database)
          Dalam pembuatan normalisasi file, panduan dasarnya dapat dilihat dalam DFD. Karena pada saat membuat DFD kita menetapkan data store yang direncanakan.

4. Membuat Rancangan Form Input
            Membuat rancangan form input biasanya dilakukan dengan melihat dokumen - dokumen input sistem berjalan yang masih manual. Dalam kondisi tertentu, pembuatan rancangan ini dapat dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bentuk rancangan form input dari aplikasi yang dibangunnya sesaui dengan kebutuhan sistem.

5. Membuat Alur Proses Transaksi
           Pembuatan alur proses transaksi biasanya dilakukan dengan menggunkan flowchart program. Pada tahapan inilah harus benar - benar dilakukan dengan memahami kebutuhan sistem aplikasi yang dibangun.

6. Membuat Rancangan Bentuk Output
           Pembuatan rancangan bentuk output ane kira hampir sama dengan membuat rancangan form input. Dmana seorang analis melakukannya dengan meihat bentuk output dari sistem yang berjalan. Dan pembuatan rancangan ini dapat dilakukan dengan menambahkan atau mengurangi bentuk rancangan.

www.studiocapung.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar