Kamis, 09 Mei 2013

Dualboot Windows dan Linux

" Lebih baik menjadi diri sendiri, daripada menjadi orang lain, dalam penyampaian informasi. Karena itu akan menjadi timbal balik tingkah laku dalam diri  "

Oke gan, disini ane akan berbagi informasi tentang bagaimana install windows dan linux dalam 1(satu) PC. Memang banyak tutorial diluar sana yang menyajikan hal serupa. tapi dalam hal ini, apakah mudah dimengerti oleh pembaca, apakah cukup spesifik dalam penyajian, ringkas kah ? hal semacam itulah yang hingga kini masih menjadi pertimbangan.. Tapi, disini ane akan berusaha sebaik mungkin untuk dapat menyajikan dan meringkaskan tentang pembahasan dualboot ini. Toh, klo memang masih terdapat pertanyaan untuk pembahasan ini, silahkan gan, untuk bertanya ? " malu bertanya, komputer error gan "..

Next,, sebelum ane masuk kedalam pembahasan, mestinya kita siapkan berbagai tools dalam penginstalan. Berikut tools yang ane siapkan dalam proses penginstalan ;
  1. CD/DVD Linux atau dapat juga file linux.iso  ( dalam kata lain file linux yang berekstensi .iso gan ) 
  2. Flasdisk 2Gb, klo agan mau nge-boot pake CD/DVD gak usah pake  Flasdisk. ( ane pake flashdisk karena ane gak ada CD/DVD linux. cuma punya file .iso nya aje, jadi ane harus buat dulu bootable pake flashdisk )
  3. Pastikan PC agan memang sudah terinstall windows ( jangan tanya buat apa ? Lah, kan judulnya aja dualboot windows dan linux )
Masih intemezo gan.. Disini ane pake Linux mint 8 Helena, nih, linux keturunannya linux Ubuntu, dan masih keluarga Debian. Masih belum jelas ? perhatikan struktur dibawah aje dah...

Studiocapung.blogspot.com

Kenapa kok ada Minix gan ? Oke, untuk hal ini silahkan agan baca sendiri di STMIK share operating system.

Next akh.. ane ajak agan semua untuk masuk ke proses installasi, adapun langkah / step dalam proses installasi, Berikut langkah /step-nya ;  Mohon diperhatikan dengan seksama...

1. Tentukan, disk mana linux akan diinstal. Jika sudah dapat pilihan, silahkan agan format tu disk pilihan agan.( klo ada datanya, backup dulu dong !! )
2. Oke, masukan CD/DVD linux / bootable USB linux . Restart windows agan, lalu masuk ke BIOS untuk pengaturan bootloader. nah disini, tentukan sendiri bootloader yang agan gunakan. Jangan lupa disimpan jika sudah dipilih bootloadernya.
3. Mulai nih.. Sudah masuk ke boot linux. Dan akan muncul tampilan utama seperti gambar di bawah. dari tampilan tersebut, agan pilih install Linux Mint 8.



4.  Akan muncul tampilan berikutnya, seperti gambar dibawah ini. Disini agan diberikan opsi bahasa, dalam arti. Bahasa apa yang ingin agan gunakan dalam proses installasi. Apabila sudah, click Forward .




5.  Oke, pada tampilan ini memang agak berbeda dengan installasi pada Ubuntu. Untuk penyetingan zona waktu pada linux mint ditampilkan terlebih dahulu, sedangkan untuk notif partisi akan ditampilkan di segmen selanjutnya. Begitupun sebaliknya pada Ubuntu. Ditampilan ini pilihlah Daerah dan Zona lokasi agan. Lalu click Forward.



6.  Pilihlah susunan papan ketik ( keyboard ), Disini ane sendiri pilih  pilihan yang disarankan : USA. Mengapa ? karena Lapie ane QWERTY gan, bukan Dvorak ataupun Alpabeth Keyboard kan ? Lalu click Forward.



7.  Hahaha,,, pada tahap ini biasanya para newbie linuxer mulai kumat gilanya. Yaitu pembagian partisi / mempersiapkan ruang hardisk. Kok bisa ? iyalah, awal niatan mau instal dualOS eh, malah salah pilih, jadi si wedus ( windows ) ke babat. Alhasil, jadi imigran total ke linux dah.Oke deh, jadi begini gan. Jikka agan mau imigrasi total ke linux silahkan agan pilih hapus dan gunakan seluruh cakram. Tapi jika ingin instal linux bersama windows  pilih tentukan partisi secara manual (advance). Atau bisa juga memilih instal dengan OS yang sudah ada. ( biasanya untuk yang ini ane pake aplikasi WUBI gan. Oke lanjut,, pilihlah  tentukan partisi secara manual (advance). Lalu click Forward.



8.  Agak rumit pada tahap ini. Oke, dikarenakan ane pake virtualbox untuk demo installasi ini, maka Perangkat yang terdeteksi hanya ada 1 aja, tapi jika agan instal di PC akan ada beberapa perangkat terdeteksi, ( dalam arti partisi yang terdeteksi ). Agar lebih mudah, ane asumsikan seperti ini.
" jika dalam windows agan terdapat 2 partisi, dengan total HDD 160Gb, dan dengan pembagian partisi tersebut C = 80Gb dan D = 80Gb , maka akan tampil 2 perangkat dalam tampilan ini. Nah ,terus dimana kita bisa membedakan antara partisi punya windows dan partisi yang kita format untuk si linux ?Gampang aja gan, liat aja dari sisa memori yang terpakai, untuk tampilan disini menggunakan satuan kb gan.."
jika sudah click tabel partisi baru. Dan kita akan membuat partisi.




9.   Pembuatan partisi pertama untuk / ( root ). Agan tentukan sendiri kapasitasnya..click OK jika sudah.



10.  Pada gambar ini, memperlihatkan bahwa partisi  root telah dibuat, selanjutnya click tambah untuk membuat partisi  / home .



11.  Pembuatan partisi  / home. click ok . Selanjutnya, kembali ke step no.10 untuk pembuatan ruang swap



12.  Pembuatan ruang swap... click Ok



13.  Hasil pembuatan partisi..



14.  Selanjutnya, masuk ke halaman Admin. Silahkan diisi dan click Forward jika sudah.



15.  Proses Atention penginstalan. Click Pasang



16.  Proses menanti OS baru......jika sudah akan restart kok..

17.  Selesai,,,

Huuuuuuuuftttt,,,,, sekian informasi yang ane kasih buat agan..Jika masih kurang paham, silahkan dibaca ulang lagi gan, klo masih belum paham juga tanya..jangan maen tinggal blog ane aja !! Oke...


Http://www.studiocapung.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar