Rabu, 17 April 2013

Kalibrasi Battery Notebook

" Kalibrasi battery Notebook " ?. Mungkin anda membayangkan bagaimana proses dalam melakukan hal tersebut ?, bla, bla ,bla...........( " hantaman berbagai pertanyaan yang membayangi " ).

Oke,,,sebelum kita bahas jauh lebih dalam...kita terjemahkan dulu, apa itu kalibrasi ? Kalibrasi adalah seperangkat operasi dalam kondisi tertentu yang bertujuan untuk menentukan hubungan antara nilai-nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur atau sistem pengukuran atau nilai yang ditunjukkan material ukur dengan nilai measurand yang telah diketahui.

Dalam proses kalibrasi, disini kita hanya ingin menurunkan wear lever battery ( tingkat pemakaian battery )..So, secara tidak sadar ataupun sadar, kita menggunakan battery notebook secara terus menerus, dalam arti setalah battery habis kita lakkan charger battery, nah disitulah tingkat pemakaian battery semakin meningkat. Dan tanpa sadar resiko kerusakan pada battery pun semakin cepat..

Lalu,,,dimana kita bisa melihat wear level pada battery notebook kita ? Kita dapat melihat tingkat pemakaian battery dengan menggunkan aplikasi Battery care , Silahkan anda sekalian searching di google, kemudian install..Untuk mengetahui wear level, kita lakukan cara berikut ;
  1. Buka aplikasi Battery care
  2. Pilih pada tab detailed information
  3. Disitu terdapat wear level battery notebook kita, dalam hitungan persent (%). Semakin besar nilai yang ditunjukan maka semakin parah tingkat pemakaian battery. Hal itupun dapat kita ketahui tanpa harus memakai aplikasi ini..Dalam arti, apabila battery notebook semakin cepat low dalam proses pemakaian, hal itu menandakan wear level  battery kita buruk.
Next,,,proses kalibrasi battery pun saya kira sangat mudah, berikut cara kalibrasi ;
  1. Lakukan pengisian battery notebook anda hingga full / persentase pengisian tidak bertambah.
  2. Lakukan proses restart, kemudian masuk ke safe mode dengan menekan F8 saat booting....
  3. Diamkan serta close segala aplikasi yang aktif saat menu safe mode  beraksi, dan biarkan notebook anda on dalam menu safe mode hingga notebook anda mati... ( klo ane sih ane tinggal tidur gan, )..
  4. Oke, jika setelah notebook anda benar - benar mati, dalam arti karena battery habis di safe mode. Hidupkan kembali notebook anda secara mode normal ya !!! , buka aplikasi battery care, lihat di detailed information untuk melihat wear level. .
  5. Proses kalibrasi dapat dikatan berhasil jika, wear level  batteryi  anda menurun.....
Oke,,, sekira sekian tips dari saya....

Jika dalam penyampaian informasi ini ada yang kurang ataupun tidak jelas, silahkan berikan masukan melalui komentar  yang ada diblog ini...

http://www.studiocapung.blogspot.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar